RPP Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Advertisemen
Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku Pembelajaran 1 2 3 4 5 6. RPP yang akan Admin bagikan pada kesempatan artikel ini yaitu untuk Kelas 4 pada jenjang SD dan MI dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Rencana pelaksanaan pembelajaran yang di share dibuat berdasarkan Buku Guru dan Siswa edisi revisi 2017 dan 2018 dari Kemendikbud. RPP Tema 3 Subtema 1 2 3 4 ini diharapkan memberikan manfaat bagi Bapak dan Ibu dalam kegiatan belajar mengajar pada tahun pelajaran 2019-2020.

Seorang Guru dalam melaksanaan kegiatan belajar mengajar tentunya harus memiliki Perencanaan pembelajaran yang dirancang dalam bentuk Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada Standar Isi. Perencanaan pembelajaran K13 meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Penyusunan Silabus dan RPP disesuaikan pendekatan pembelajaran yang digunakan.

Maka dari itu setiap Guru pada jenjang SD dan MI terutama di Kelas 4 dalam melaksanaan kegiatan pembelajaran di semester 1 dan 2 harus membuat RPP dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan Permendikbud. Maka dari itu membantu Bapak dan Ibu dibawah ini Admin telah menyiapkan link download untuk file contoh RPP untuk Kelas 4 untuk pembelajaran 1 2 3 4 5 6. Komponen dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan permendikbud harus menyisipkan PPK, Literasi, Pembelajaran Abad 21 4C dan HOTS.

Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku Pembelajaran 1 2 3 4 5 6

Pengertian RPP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.

Komponen RPP terdiri atas:
a. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c. kelas/semester;
d. materi pokok;
e. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
f. tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
g. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i. metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
j. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
k. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
l. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
m. penilaian hasil pembelajaran.

Prinsip dalam membuat atau menyusun RPP
Dalam menyusun RPP seorang Guru hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
a. Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
b. Partisipasi aktif peserta didik.
c. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
d. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
e. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
f. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
g. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
h. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

RPP Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018  

Itulah sekilas penjelasan yang dapat Admin tuliskan pada kesempatan artikel ini mengenai RPP untuk Kelas IV, lebih lengkap dan jelas mengenai file rencana pelaksanaan pembelajaran tersebut dapat Bapak dan Ibu unduh pada link dibawah ini.
RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 4 Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
RPP Kelas 4 Semester 1 Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Sub Tema 1 Pembelajaran Ke 1
Sub Tema 1 Pembelajaran Ke 2
Sub Tema 1 Pembelajaran Ke 3
Sub Tema 1 Pembelajaran Ke 4
Sub Tema 1 Pembelajaran Ke 5
Sub Tema 1 Pembelajaran Ke 6

Demikian yang dapat Admin bagikan pada kesempatan artikel ini, semoga file RPP yang dibagikan dapat memberikan manfaat bagi Anda yang sedang mencari contoh file rencana pelaksanaan pembelajaran terbaru di tahun 2019.
Advertisemen

Author: